Gaji Kades di Enrekang Terbilang Lumayan

Enrekang – Jabatan kepala desa (Kades) kini sudah mulai dilirik banyak orang. Apalagi, gaji kades di Kabupaten Enrekang juga terbilang lumayan dan cukup menggiurkan. Berapa kisaran gajinya?

Kabid Pemdes, Nana Muliana menyebutkan, gaji kepala desa itu sudah bisa menjamin kehidupan keluarganya. Apalagi, mereka juga biasanya diguyur dengan beberapa tunjangan, layaknya pejabat tingkat kabupaten.

“Pekerjaan sebagai kades sekarang tidak bisa dianggap remeh lagi. Wajarlah kalau gajinya dinaikkan, karena mereka itu kerjanya bisa dibilang 24 jam nonstop,” jelas Nana di kantor Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Enrekang, Kamis (10/8/2017).

Tiap bulan, seorang kades bisa mengantongi uang hingga Rp3 juta. Itu sudah termasuk beberapa tunjangannya. Gaji kades tersebut dianggarkan melalui APBD.

Selain itu, meningkatnya dana desa dari pusat kerap menjadi magnet bagi para kades untuk lebih giat bekerja. Mereka bisa memanfaatkannya untuk membangun desa menjadi lebih baik. Akan tetapi, Kepala DPMD Arifin Bando mengimbau agar menggunakan dana desa secara bijak.

“Kalau tahun ini mencapai Rp1 miliar dana desa kita. Tahun depan malah meningkat sampai Rp1,5 miliar tiap desa. Sudah ada pemberitahuannya dari pusat,” cetus Arifin Bando.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *