Pemkab Enrekang Gelontorkan Rp909 Juta untuk Pilkades 2017

Enrekang – Pilkades serentak di 55 desa se-Kabupaten Enrekang bakal digelar pada Oktober mendatang. Untuk itu, pemerintah kabupaten mencairkan dana hingga Rp909 juta untuk kelancaran proses demokrasi tersebut.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Enrekang, Arifin Bando menjelaskan, jumlah itu berasal dari APBD tahun 2017. Besaran bantuan dana untuk setiap desa juga tak sama, bergantung pada banyaknya TPS.

“Jumlahnya variatif. Dana paling besar Rp28 juta dikucurkan untuk Desa Tongko, Kecamatan Baroko dengan jumlah 8 TPS. Sementara paling sedikit di Desa Tallang Rilau, Kecamatan Bungin dengan anggaran dana Rp12 juta,” rinci Arifin Bando di kantornya, Kamis (10/8/2017).

Pembagian desa yang menggelar pilkades yakni, Anggeraja 8 desa, Baroko 3 desa, Cendana 6 desa, Alla 2 desa, Masalle 2 desa, Baraka 7 desa, Maiwa 6 desa, Bungin 4 desa, Curio 1 desa, Buntu Batu 6 desa, Malua 4 desa, dan Enrekang 6 desa.

Menurutnya, anggaran dari pemkab itu wajib disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing pilkades. Apalagi kucuran anggaran itu juga didasarkan pada kemampuan APBD pemkab tahun ini.

“Kalau berbicara soal cukup atau tidaknya, pasti selalu tidak cukup. Meskipun sedikit, harus dimanfaatkan dengan efektif dan efisien. Seperlunya,” pungkas lelaki yang mengaku gemar berpetualang ini.

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *